Strategi Bisnis Online, Era Teknologi, Alasan Memilih Bisnis Online, Keuntungan Bisnis Online

Strategi Bisnis Online Di Era Teknologi Semakin Canggih

Alasan Memilih Bisnis Online 

Pengguna Internet dari tahun ke tahun semakin meningkat. Menurut hasil studi Polling Indonesia dengan bekerjasama dengan Assosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia atau APJII, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia dari tahun 2018 sebesar 10,12 persen. Ada sekitar 171,17 juta jiwa yang sudah terhubung dan ketergantungan terhadap internet. 

Internet tidak hanya dikenal oleh orang-orang perkotaan saja, akan tetapi sudah merambah hingga pelosok pedesaan. Melihat fenomena inilah akan membuka peluang yang lebar bagi para pebisnis yang berbasis online di tanah air. 

Sebetulnya, kalau kita bicara soal bisnis online, tidak hanya memandang pangsa pasar di Indonesia saja melainkan mencakup seluruh dunia. Sebab dengan adanya internet, semua orang yang ada di belahan dunia manapun bisa berkomunikasi dan berinteraksi tanpa mengenal waktu dan tempat yang penting terhubung dengan jaringan internet. Walaupun anda berada di puncak gunung yang tinggi sekalipun.
Sekarang tidak perlu muluk-muluk menggaet pasar dunia. Cukup Indonesia saja, dengan pengguna 171,17 juta, bayangkan 10 persen saja yang bergabung dalam bisnis online, sudah berapa peluang Anda untuk meraup keuntungan dari bisnis ini?

Selain dari itu, alasan kenapa perlu berbisnis online adalah mempertimbangkan faktor biaya dan permodalan. Dengan bisnis online kita bisa menghemat lebih banyak biaya. Dengan modal Rp. 150.000, kita sudah bisa menyewa hosting dan domain untuk toko online selama setahun. Dan jika berbisnis offline, untuk membangun sebuah fisik toko butuh dana yang sangat besar.
Biaya sewa toko di tempat yang strategis untuk satu tahun sudah mencapai Rp. 15.000.000 pertahunnya, belum lagi peralatan dan perlengkapan lainnya. Dengan demikian sudah dapat dihitung dari sewa saja sudah berapa perbandingannya. 

Untuk mempermudah pemahaman mari kita lihat ilustrasi berikut :

Biaya Pertahun

Toko Online = Rp. 150.000
Toko Offline = Rp. 15.000.000,-
Perbedaannya : 14.850.000,-
Penghematan dalam persentase : 99% !!!

Dari ilustrasi tersebut di atas, dengan pilihan binis online kita bisa berhemat Rp. 14.850.000 atau sebesar 99% jika kita bandingkan dengan memilih bisnis offline. Nah, dengan penghematan dana sebesar 14.850.000, bisa kita alokasikan untuk keperluan lain, seperti biaya promosi atau cadangan modal untuk membeli stock barang.

Menariknya lagi, kesempatan bisnis online berpeluang untuk siapa saja yang memiliki modal kecil sekalipun bahkan tidak punya modal sama sekali. Yang terpenting kita memiliki alamat toko online dengan modal seperti yang telah dijelaskan. Nah sekarang tentu anda ingin tau caranya kan?

Caranya pun cukup mudah, anda memilih alternatif untuk menjualkan produk orang lain atau menjadi reseller untuk produk-produk tertentu. 

Adapun keuntungan memilih bisnis online adalah sebagai berikut :

  1. Usaha dengan toko online dapat Dilakukan  dimanapun. Tidak membutuhkan tempat khusus dan waktu khusus. Bahkan, saat liburan sekalipun anda masih bisa melayani order dari konsumen Anda, yang terpenting selalu terhubung dengan jaringan internet.
  2. Fasilitas perbayaran via internet seperti internet banking atau sms Bankin sangat membantu para pengusaha online untuk melakukan transaksi dan memastikan transfer  sudah masuk atau belum dari para pelanggan.
  3. Semakin banyaknya perusahaan pengiriman barang yang menawarkan sistem antar jemput barang. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi pengusaha toko online, hanya dengan menelepon dan whatsapp perusahaan kurir untuk jemput barang, siapkan barang, dan isi resi pengiriman. Dengan demikian akan memudahkan Anda dan pembeli dalam bertransaksi. Agar kepercayaan pelanggan Anda terbina, gunakanlah jasa pengiriman yang yang sudah mempunyai fasilitas pelacakan pengiriman via website dan secepat mungkin berikan nomor resi pengiriman kepada pelanggan agar mereka dapat memeriksa kiriman pada website perusahaan pengiriman tersebut.
  4. Umumnya semua perusahaan besar sudah menggunakan website dan mereka sangat sadar akan pentingnya membuka toko online di interet terutama sekali produsen elektronik.
  5. Semakin cepat Anda membuat Toko online dengan cara konsisten dari waktu ke waktu, Anda telah menempatkan peluang yang akan semakin ramai diikuti orang lain.
  6. Dengan toko Online Anda hanya perlu stock barang sedikit dan bahkan bisa juga tanpa modal persediaan barang yang penting Anda sudah memiliki chanel (grosir) barang yang akan di jual. Secara umum dalam bisnis online Pelanggan terlebih dahulu akan membayar baru kemudian barangnya dikirimkan. Setelah anda menerima pembayaran, baru anda membeli barang ke Supplier dan kirimkan barang sesuai dengan alamat, sisanya (keuntungan) sudah tentu menjadi milik Anda.
  7. Dengan meminimalkan modal untuk stok barnag dan investasi, Anda akan dapat memanfaatkan sisa modal awal sebagai cadangan dan uang Anda akan jauh lebih produktif serta meminimalisasi kerugian yang timbul akibat inflasi dan lain sebagainya.
  8. Untuk mempromosikan Toko Online Anda bisa menggunakan Website-website gratisan, forom jual beli, dan yang paling trend di situs sosial media. Dengan aktif di sosial media akan lebih cepat memperkenalkan toko Online Anda.
  9. Dengan Toko Online, Anda dapat menawarkan jumlah produk tanpa batas.
  10. Dengan membuka usaha toko online bisa dijadikan sebagai alternatif penghasilan tambahan dan dapat menjadi sarana persiapan pensiun untuk menghadapi hari tua Anda.
  11. Dengan toko online, Anda tidak perlu takut akan resiko, seperti macet, banjir, pencurian, gempa, kebakaran, dan hal-hal lainnya. Yang Anda butuhkan hanyalah memilih hosting yang dapat dipercaya layanannya.
  12. Penjual maupun pembeli dapat lebih cepat dan efisien dalam melakukan transaksi.
  13. Hemat biaya transportasi. Pembeli tidak perlu datang ke kota besar untuk melihat-lihat atau membeli barang.
  14. Memberikan alternatif cara belanja yang modern, praktis dan efisien serta aman dan nyaman kepada para pelanggan.
  15. Dengan toko online jumlah pengunjung ke website Anda akan lebih banyak ketimbang toko offline. Anda dapat mengendalikan jumlah kungjungan ini dengan promosi di situs-situs sosial media, website gratisan. Dengan semakin sering dan banyak berpromosi dengan rutin, semakin banyak peluang kunjungan yang akan Anda dapatkan.
  16. Sangat fleksibel dalam memberikan diskon harga. Dengan demikian, sangat memungkinkan toko Online Anda melakukan penjualan baik grosir maupun eceran. Bayangkan jika Anda baru mulai usaha dan akan sering kebingungan jika di tanya harga jual eceran atau grosir sampai Anda terbiasa.

Demikian telah diuraiankan Strategi dan Keuntungan Bisnis Online di Zaman Serba Canggih ini, yang bisa anda jalankan dengan paruh waktu (sampingan) dan bahkan toko online anda sudah berkembang tentunya bisa di jadikan sumber pendapatan yang utama. 

Prospek dan Strategi Bisnis Online

Postingan populer dari blog ini

Potensi Diri dan Karakter Wirausahawan Potensial

Bisnis Di Era Digital Berwirausaha Butuh Teknologi

Bisnis Mudah dan Menguntungkan Untuk Para Pemula