Strategi Bisnis, Bisnis Ritel, Meningkatkan Penjualan, Kelangsungan Bisnis, Kreasi Bentuk Pajangan, Penampilan Toko

Strategi Praktis Bisnis Ritel Untuk Meningkatkan Penjualan Jangka Panjang


Untuk menjalankan bisnis dalam jangka panjang perlulah kiranya untuk mengunakan strategi agar kelangsung bisnis tetap terjaga. Berikut kami berikan Tips Praktis untuk meningkatan penjualan :

#Kreasikan Bentuk-bentuk Panjangan Yang Baru. 
Strategi Pertama, amatilah produk dan jenis layanan yang anda jual. Gunakan sesuatu yang "menarik pandangan atau mencolok" untuk memberitakan nilai tambah pada desain ruangan serta produk itu sendiri. Upayakan menonjolkan keunggulan produk sehingga pengunjung akan singgah sejenak, mengamati dan mengevaluasi produk tersebut.
Ada beberapa tips agar produk kelihatan lebih menonjol :
  1. Tambahkan panel-panel pada dinding dengan material yang berbeda dan kontras dengan produk, contohnya kaca, logam, atau kayu.
  2. Komposisikan dinding berpermukaan doff dan reflektif secara teratur berirama.
  3. Berikan tambahan pencahayaan untuk memberikan penekanan pada produk, pajangan rak, dan laci.


#Perhatikan Karakter Barang Dagangan


Definisikan gaya dan kesan sesuai dengan produk-produk yang dijual : diberi kesan klasik, trendi atau konservatif. Perlu juga dipertimbangkan persepsi konsumen pada saat mereka memasuki toko : apakah toko terkesan elegan? Ceria? Toko diskon yang ramai? Yang diharapkan di sini adalah keterpaduan antara citra produk yang ingin ditampilkan dan persepsi konsumen saat melihat barang tersebut melalui atmosfer dan desain yang ditampilkan.

# Ubahlah Penampilan Toko


Ada berbagai macam cara untuk membuat toko dapat tampil baru dengan cara merenovasi secara berkala:
  1. Ubah kombinasi warna bidang pelengkap interior atau pasang wallpaper yang memberi kesan berbeda namun tidak menghilangkan karakater sebelumnya.
  2. Memberikan permainan pada bidang interior horizontal, seperti lantai dinaikkan atau permainan turun naik pada plafon. Pengunjung akan merasakan akan adanya "ruang" dan suasana baru yang berbeda.
  3. Pasang Karya seni yang uni sebagai alat bantu untuk menarik perhatian.
  4. Atur produk-produk dalam bentuk-bentuk tertentu, seperti segitiga dan bulat, selain dalam tatanan moduler biasa.
  5. Perhatikan aksebibilitas pengunjung dan kenyamanan pengunjung untuk memperhatikan produk dengan tatatan baru tersebut.
  6. Sejak mula siapakan beberapa panjangan yang fleksibel dan dapat dipindahkan untuk memudakan proses dalam pengubahan suasana.


Salah satu tren yang perlu menjadi pusat perhatian dan di cermati dalam dunia ritel adalah perkembangan teknologi seperti Komputer, Internet, serta sistem teknologi informasi. Proses pengisian persediaan (continuous replenishment), bongkar muat barang (cross-docking), supply & system integration, teknologi penggunaan bar, serta teknik inventarisasi (inventory) merupakan hal-hal yang bisa berpengaruh terhadap desain secara keseluruhan. Oleh sebab itu, pihak desainer haruslah mampu mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan peritel agar desain yang dihasilkan terintegrasi dengan teknologi sehingga pengeluaran tambahan (overhead) bisa lebih rendah dan harga jualpun jadi lebih kompetitif.
Dengan semakin maraknya perkembangan dunia internet dan e-Commerce, bukan tidak mungkin ritel berbasis toko akan berubah fungsi dan aktivitas, misalnya menjadi sejenis ruangan pameran. Perluasan dan peningkatan transaksi dengan menggunakan e-Commerce akan berdampak bagi desain interior toko. Maka dari itu seordang Desainer interior haruslah mampu memprediksi perubahan-perubahan yang akan terjadi dan menerjemahkannya dengan baik ke dalam bentuk dan perencanaan desain toko yang sesuai.

Postingan populer dari blog ini

Potensi Diri dan Karakter Wirausahawan Potensial

Bisnis Di Era Digital Berwirausaha Butuh Teknologi

Bisnis Mudah dan Menguntungkan Untuk Para Pemula