Usaha Makanan Modal Kecil Yang Patut Di Tiru

Peluang Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner memang tidak ada habisnya dan selain bisa dicicipi juga bisa menghadirkan peluang bisnis.

Inovasi kreatif yang unik dan menarik telah menghasilkan jenis masakan yang berbeda. Kuliner tradisional berpotensi menjadi kuliner yang kompetitif dengan cita rasa yang tinggi dan nilai jual yang tinggi. Pempek adalah salah satu makanan khas Palembang. Pempek saat ini begitu mudah di temui di seluruh daerah Pekalongan khususnya di Desa Wonosari Siwalan. Adapun bentuk bisnisnya mulai dari kaki lima, warung hingga di kafe.

Salah satu brand pempek yang berkembang pesat di Desa Wonsari Siwalan adalah 'Pempek Boom'. Nama Pempek Boom mengingatkan pada Pempek Submarine, Ranger, Tiny Egg dan skin type Pempec. Isian pempek terbuat dari campuran telur, ikan teri, bakso dan daging cincang. Untuk penyajian, kemas dalam gelas plastik mini dan karakterisasi dengan kuas. Target pasar Pempek Boom adalah seluruh lapisan masyarakat dari berbagai kalangan agar bis menikmatinya.

Penjelasan Produk

Proses pembuatan Pempek Boom sebagai berikut:

Tahap Penyiapan Bahan dan Penimbangan

Pada tahap ini semua bahan untuk membuat pempek-pempek disiapkan kemudian ditimbang sesuai dengan takaran kebutuhan. 

Tahap Pencampuran 

Pada tahap ini, bahan baku yang terdiri dari:

  • Tepung Terigu
  • Tepung Kanji
  • Air
  • Ikan Tenggiri
  • Garam
  • Penyedap Rasa
  • Bawang Putih
  • Pewarna Makanan Hanya untuk isi)

Tahap Pencampuran 

Dicampur dan diaduk rata sesuai dengan takaran yang di butuhkan pada baskom yang telah disediakan. Aduk secara sempurna sehingga bahan-bahan tersebut tercampur rata. 

Tahap Pembentukan 

Adonan yang telah dicampur dan diaduk tadi, kemudian dibentuk menjadi beberapa jenis. Sisihkan Pempek yang telah terbentuk di baskom lain. Untuk jenis Pempek Bunting isi dengan varian isi yang telah ditentukan (sosis dan telur). Untuk membuat isi pempek : Adonan untuk isi pempek Isian pempek dari percampuran telur, ikan teri, bakso dan abon. 

Tahap Perebusan 

Dalam proses perebusan, hal yang pertama dilakukan adalah panaskan air hingga mendidih di dalam panci. Kemudian setelah mendidih masukkan adonan. Biarkan adonan hingga mengapung. Jika telah mengapung itu berarti Pempek siap ditiriskan. 

Tahap Penggorengan 

Pada tahap ini, pempek-pempek yang di goreng tegantung dengan pesanan yang diminta oleh pelanggan bahkan agen datang ke rumah untuk mengambil pempek yang sudah jadi, ketika dijual kaki lima jadi. Pempek digoreng jika ada pelanggan yang datang memesan. 

Untuk Membuat Kuah Cuko 

  1. Haluskan cabai, bawang lalu rebus bersamaan dengan gula merah dan asam jawa hingga mendidih. 
  2. Lalu saring kuah dan sisihkan.
  3. Tambahkan timun 
  4. Penyajian Pempek 
  5. Bungkus pempek menggunakan kertas roti 
  6. Tuang kuah cuko kedalam wadah plastik yang telah disipkan
  7. Pempek siap disantap

Latar Belakang Bisnis

Salah satu makanan tradisonal cukup sederhana, tetapi cocok menjadi hidangan konsumsi untuk camilan bersama keluarga, teman maupun orang tersayang dan kuliner yang mengenyangkan adalah “Pempek Boom”. Pembuatan kuliner tradisional dengan ciri khas dengan cara yang tidak gitu rumit, tetap higenis, harganya pun cukup terjangkau, maka tentunya akan menarik minat masayarakat untuk membelinya. 

Memiliki rasa yang enak, nikmat, bergizi, lezat dan mengandung banyak protein dan vitamin yang berasal dari bahan utamanya yakni telur dan ikan, sehingga kuliner ini memang layak berkembang menjadi salah satu usaha kuliner tradisional dikalangan semua lapisan masyarakat terkhusus di daerah Pekalongan dan sekitarnya.

Tujuan

  1. Memanfaatkan dan meningkatkan hasil olahan ikan, telur dan tepung menjadi produk makanan yang bervariasi yang dapat diterima oleh segala lapisan masyarakat kuliner sebagai alternative pengganti camilan yang mengandung karbohidrat yang enak dan bergizi.
  2. Dengan terus melakukan inovasi yang baik secara berkelanjutan, diharapkan pempek boom dapat menjadi bangkitnya industri kuliner di setelah masa endemi covid-19.
  3. Selalu memberikan kepuasan konsumen terhadap kualitas dan cita-cita produk pempek boom.

Potensi Bisnis

Bisnis kuliner pempek boom ini memiliki peluang dengan prospek uasaha yang menjanjikan. Usaha pempek cocok dijalankan bagi pebisnis dengan modal rendah namun menguntungkan.

Analisis SWOT

Faktor Internal

Strength (Kekuatan)

a. Keunggulan produk

  • Pempek Boom memiliki kualitas yang baik karena dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi dan cara-cara yang higienis.
  • Menjual pempek boom untuk semua kalangan masyarakat.

b. Kreativitas

Kami akan memulai dengan kreativitas baru tidak hanya diisi telur ataupun ikan, tetapi bisa juga sosis dan pempek kentang yang cocok untuk vegetarian biar beraya lebih modern.

c. Bahan baku mudah di dapat

  • Bahaan baku pembuatan pempek boom tersedia dan harganya terjangkau mudah di jumpai.

d. Desain Kemasan

  • Pempek Boom akan dibungkus dengan pembungkus mirip seperti nasi pembungkus makanan cepat saji. Adapun untuk wadah cuka dan minuman akan dikemas menggunakan gelas plastik kecil dan besar

Weakness (Kelemahan)

  1. Tidak tahan lama karena tidak menggunakan bahan pengawet. 
  2. Terkadang pempek cepat menjadi keras.
  3. Produknya mudah ditiru.

Faktor Eksternal

Opportunities (Peluang)

a. Banyak konsumen

  • Banyak diminati masyarakat dari berbagai kalangan umur.
  • Proses jual belinya mudah dan terjamin tanpa perantara.

b. Sistem pemasaran

  • Periklanan bentuk promosi yang dilakukan dengan cara memasang banner di sekitar lingkungan masyarakat yang ramai didatangi, serta menggunakan media massa sosial WA, IG maupun FB.
  • Penjualan personal yang digunakan sebagai media promosi oleh pempek boom yakni  melalui promosi secara lansung oleh penjual kepada teman dan masyarakat disekitar rumah.

Threats (Ancaman)

Ancaman yang dihadapi adalah adanya pesaing yang menjual pempek di kelas lain. Cara mengatasinya yakni dengan membuat bentuk yang lebih besar, tetapi tidak mengalami kerugian dan lebih giat lagi melakukan penjualan, serta melakukan modifikasi isi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Diri dan Karakter Wirausahawan Potensial

Bisnis Mudah dan Menguntungkan Untuk Para Pemula

Bisnis Di Era Digital Berwirausaha Butuh Teknologi